Capaian pembelajaran lulusan (CPL)
merupakan bentuk operasional dari tujuan yang akan dicapai oleh lulusan. CPL
dirumuskan mengacu pada Program
Educational Objectives (PEO). PEO
dikembangkan untuk mendukung terwujudnya profil lulusan yang ditetapkan. Profil
lulusan ditetapkan dengan memperhatikan evaluasi diri, kebutuhan pasar dan
hasil tracer study. PEO dirumuskan berdasarkan Standar Nasional Perguruan Tinggi
(SNPT) dan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), Perkembangan Iptek,
Asosiasi Konsorsium Biologi Indonesia/KOBI, HPPBI, Naskah Akademik Pengembangan
Kurikulum Universitas Negeri Surabaya yang memiliki karakter Idaman
Jelita, dan dokumen kurikulum Ecopreunership sebagai penciri FMIPA,
seperti pada Link Implementasi Kurikulum Berbasis KKNI Dan SNPT Berciri Ecopreneurship. Perumusan PEO (dan PLO) melibatkan Perangkat
Jurusan Biologi, seluruh dosen di jurusan Biologi, wakil mahasiswa (HMJ), wakil
alumni, wakil tenaga kependidikan yang
dinilai memiliki kemampuan di dalam perumusan PEO dan PLO, serta melibatkan
pakar di bidang Kurikulum dari perguruanTinggi lain, perwakilan dari asosiasi
Profesi, dan stake holder (Link Laporan kegiatan Sanctioning Jurusan Biologi).
CPL yang dikembangkan program studi
pendidikan biologi, dituangkan pada Tabel
6 berikut. CPL yang dikembangkan meliputi CPL untuk aspek sikap,
ketrampilan imum, ketrampilan khusus, dan pengetahuan, sesuai dengan standart
yang ditetapkan dalam SN Dikti.
No |
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) |
|
|
Sikap |
|
S1
S2
|
Mampu mendemonstrasikan sikap ilmiah
yang inovatif dalam pembelajaran biologi, kegiatan laboratorium, dan tugas
profesionalnya.
Mampu mendemonstrasikan nilai-nilai
keagamaan dan budaya bangsa, serta etika akademik dalam menjalankan tugas
profesionalnya. |
|
Ketrampilan
Umum |
||
KU1
KU2
KU3
|
Mampu mengomunikasikan ide,
gagasan, dan hasil penelitiannya secara efektif, baik lisan maupun tulisan
Mampu membuat keputusan
berdasarkan data/informasi dalam rangka menyelesaikan tugas sebagai bagian
dari tanggungjawabnya dalam pekerjaan yang telah dilakukan
Mampu belajar sepanjang hayat dan
bekerja secara efektif baik secara individu maupun dalam kelompok, memiliki
semangat wirausaha, dan peduli lingkungan |
|
Ketrampilan
Khusus |
||
KK1
KK2
KK3 |
Mampu merancang, melaksanakan, dan
mengevaluasi pembelajaran biologi dengan memanfaatkan ICT
Mampu merancang dan melakukan
eksperimen dalam pembelajaran biologi untuk memperoleh, menganalisis, dan
menginterpretasikan data guna meyelesaikan masalah
Mampu merancang penyelesaian masalah
dengan mengimplementasikan transferable skill dalam bidang biologi untuk
mengembangkan ecopreneurship (eco-innovation,eco-oppurtunity,
eco-commitment) |
|
Pengetahuan |
||
PP1
PP2
PP3
PP4 |
Mampu mendemonstrasikan pengetahuan
biologi pada tingkat molekul, sel, dan organisme serta interaksinya dengan
lingkungan
Mampu mendemonstrasikan kemampuan
mengaplikasikan konsep biologi dan isu-isu lingkungan dengan teknologi yang
relevan dalam pengelolaan sumber daya alam
Mampu mendemonstrasikan pengetahuan
pedagogik tentang merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran
biologi
Mampu mendemonstrasikan pengetahuan
terkait dengan penelitian pendidikan biologi |