Tujuan program studi yang
merupakn cpaian pembelajaran lulusan (menurut Permendikbud no 44 tahun 2015
pasal 5) merupakan rumusan standar kompetensi lulusan dan merupakan kriteria
minimal tentang kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan
dan keterampilan. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) atau dikenal juga sebagai
Program Educational Objectives (PEO) dikembangkan untuk mendukung terwujudnya
profil lulusan yang ditetapkan. Profil lulusan ditetapkan dengan memperhatikan
evaluasi diri, kebutuhan pasar dan hasil tracer
study. PEO dirumuskan berdasarkan Standar Nasional Perguruan Tinggi
(SNPT) dan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), Perkembangan Iptek,
Asosiasi Konsorsium Biologi Indonesia/KOBI, HPPBI, Naskah Akademik Pengembangan
Kurikulum Universitas Negeri Surabaya yang memiliki karakter Idaman
Jelita, dan dokumen kurikulum Ecopreunership sebagai penciri FMIPA,
seperti pada Link Implementasi Kurikulum Berbasis KKNI Dan SNPT Berciri Ecopreneurship. Perumusan PEO
dan CPL melibatkan perangkat Jurusan Biologi, seluruh dosen di jurusan
Biologi, wakil mahasiswa (HMJ), wakil alumni, wakil tenaga kependidikan yang dinilai memiliki kemampuan di dalam
perumusan PEO dan CPL, serta melibatkan pakar di bidang Kurikulum dari
perguruanTinggi lain, perwakilan dari asosiasi Profesi, dan stake holder (Link Laporan kegiatan Sanctioning Jurusan Biologi).
Tujuan program studi (PEO) dikembangkan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sebagai pendidik biologi, asisten peneliti muda di bidang Biologi , dan wirausahawan di bidang pendidikan Biologi yang mampu bersaing secara internasional, yang dapat diuraikan pada Tabel 1 berikut:
Tabel 1 Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)/ Program
Educational Objectives(PEO)
No. |
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)/ Program Educational
Objectives(PEO) |
1. |
Lulusan
yang menguasai konsep dasar biologi, pedagogik serta dapat menerapkannya
dalam penyelesaian masalah yang terkait dengan Pendidikan Biologi |
2. |
Lulusan
yang memiliki kemampuan untuk terus menerus mengembangkan diri dalam
pengetahuan biologi dan pendidikan biologi secara formal dan atau informal |
3. |
Lulusan
yang menguasai metode ilmiah untuk mengamati, mencoba, dan menganalisis
permasalahan pendidikan biologi, menguasai metode deduksi dan induksi serta
penerapannya untuk mendukung karier |
4. |
Lulusan
yang memiliki etika, tanggung jawab, dan jiwa kepemimpinan serta memiliki
kemampuan mendidik melalui metodologi pendidikan yang mutakhir |
5. |
Lulusan
yang mampu berkomunikasi dalam aktivitas profesional di tingkat nasional
maupun internasional. |
PEO tersebut sejalan dengan
Visi dan Misi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas
Negeri Surabaya (Unesa), sebagaimana dapat diakses pada http://fmipa.unesa.ac.id/visi-dan-misi/, serta visi misi Universitas Negeri Surabaya (Unesa) yang
dapat diakses pada https://unesa.ac.id/page/tentang-unesa/visi-dan-misi). CPL Pendidikan Biologi relevan untuk mencapai penguasaan
Kompetensi Level 6 pada KKNI. Tabel 2 menampilkan kekuatan relevansi antara PEO
dan Kompetensi KKNI level 6, yang dinyatakan dalam skala kuat, mediun dan lemah
Tabel 2. Correlation Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)/ Program Educational Objectives(PEO) dengan KKNI level 6.
CPL/PEO |
6th level competences of KKNI* |
|||
Able to apply their expertise and utilize
knowledge and technology in respective area of expertise to solve issues and
able to adapt to situation confronted |
Able to understand profoundly general and
specific theoretical concepts of certain field of sciences and able to
formulate procedural problem-solving |
Able to make right decision based on
analysis of information and data and give guidance in choosing various
alternative solution both independently and in team |
Responsible over their personal work and
can be granted responsibility over achievement result of organizational work |
|
1 |
S |
S |
S |
NS |
2 |
S |
S |
S |
S |
3 |
S |
S |
S |
S |
4 |
NS |
S |
S |
S |
5 |
S |
NS |
S |
S |
*) relevance, S = strong, NS =
not strong