Tujuan program studi yang merupakn cpaian pembelajaran lulusan (menurut Permendikbud no 44 tahun 2015 pasal 5) merupakan rumusan standar kompetensi lulusan dan merupakan kriteria minimal tentang kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) atau dikenal juga sebagai Program Educational Objectives (PEO) dikembangkan untuk mendukung terwujudnya profil lulusan yang ditetapkan. Profil lulusan ditetapkan dengan memperhatikan evaluasi diri, kebutuhan pasar dan hasil tracer study. PEO dirumuskan  berdasarkan Standar Nasional Perguruan Tinggi (SNPT) dan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), Perkembangan Iptek, Asosiasi Konsorsium Biologi Indonesia/KOBI, HPPBI, Naskah Akademik Pengembangan Kurikulum Universitas Negeri Surabaya yang memiliki karakter Idaman Jelita,  dan dokumen kurikulum Ecopreunership sebagai penciri FMIPA, seperti pada Link Implementasi Kurikulum Berbasis KKNI Dan SNPT Berciri Ecopreneurship.  Perumusan PEO  dan CPL melibatkan perangkat Jurusan Biologi, seluruh dosen di jurusan Biologi, wakil mahasiswa (HMJ), wakil alumni, wakil tenaga kependidikan  yang dinilai memiliki kemampuan di dalam perumusan PEO dan CPL, serta melibatkan pakar di bidang Kurikulum dari perguruanTinggi lain, perwakilan dari asosiasi Profesi, dan stake holder (Link Laporan kegiatan Sanctioning Jurusan Biologi).

Tujuan program studi (PEO) dikembangkan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sebagai pendidik biologi, asisten peneliti muda di bidang Biologi , dan wirausahawan di bidang pendidikan Biologi  yang mampu bersaing secara internasional, yang dapat diuraikan pada Tabel 1  berikut:

Tabel 1  Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)/ Program Educational  Objectives(PEO)

No.

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)/ Program Educational Objectives(PEO)

1.

Lulusan yang menguasai konsep dasar biologi, pedagogik serta dapat menerapkannya dalam penyelesaian masalah yang terkait dengan Pendidikan Biologi

2.

Lulusan yang memiliki kemampuan untuk terus menerus mengembangkan diri dalam pengetahuan biologi dan pendidikan biologi secara formal dan atau informal

3.

Lulusan yang menguasai metode ilmiah untuk mengamati, mencoba, dan menganalisis permasalahan pendidikan biologi, menguasai metode deduksi dan induksi serta penerapannya untuk mendukung karier

4.

Lulusan yang memiliki etika, tanggung jawab, dan jiwa kepemimpinan serta memiliki kemampuan mendidik melalui metodologi pendidikan yang mutakhir

5.

Lulusan yang mampu berkomunikasi dalam aktivitas profesional di tingkat nasional maupun internasional.


PEO tersebut sejalan dengan Visi dan Misi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Surabaya (Unesa), sebagaimana dapat diakses pada http://fmipa.unesa.ac.id/visi-dan-misi/, serta visi misi Universitas Negeri Surabaya (Unesa) yang dapat diakses pada https://unesa.ac.id/page/tentang-unesa/visi-dan-misi). CPL Pendidikan Biologi relevan untuk mencapai penguasaan Kompetensi Level 6 pada KKNI. Tabel 2 menampilkan kekuatan relevansi antara PEO dan Kompetensi KKNI level 6, yang dinyatakan dalam skala kuat, mediun dan lemah

 

Tabel 2.  Correlation Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)/ Program Educational  Objectives(PEO) dengan KKNI level 6.

 

 

CPL/PEO

6th level competences of KKNI*

Able to apply their expertise and utilize knowledge and technology in respective area of expertise to solve issues and able to adapt to situation confronted

Able to understand profoundly general and specific theoretical concepts of certain field of sciences and able to formulate procedural problem-solving

Able to make right decision based on analysis of information and data and give guidance in choosing various alternative solution both independently and in team

Responsible over their personal work and can be granted responsibility over achievement result of organizational work

1

S

S

S

NS

2

S

S

S

S

3

S

S

S

S

4

NS

S

S

S

5

S

NS

S

S

*) relevance, S = strong, NS = not strong